Langsung ke konten utama

ISI PIRINGKU

"ISI PIRINGKU"
PENGAJARAN PANGAN 
DAN 
EDUKASI GIZI DI PAUD INDRAPRASTA


Bali, 18 Oktober 2019

Assalamualaikum wr wb..
Welcome back to Ruang makchy πŸ˜‰
Mau sedikit cerita beberapa waktu lalu makchy dan Sari Husada berkesempatan berkunjung ke salah satu Paud di daerah Kuta, yaitu Paud Indraprasta, saat kami tiba di sana kami disambut sangat luar biasa. Paud Indraprasta sendiri merupakan salah satu paud kemitraan Sari Husada dalam menerapkan edukasi gizi "Isi Piringku".
.
.
Ketika kami memasuki halaman Paud Indraprasta..wah luas sekali, ditambah dengan dekorasi sisi kanan kiri yang membuat tempat untuk berselfie ria hehehe, permainan yang lengkap, sanitasi yang bersih, dan juga disediakan tempat cuci tangan yang memadai di depan kelas masing-masing.. ehmm sangat lengkap..
.
.
Setelah itu kami berkumpul di sebuah aula yang besar , kami bercengkrama dengan para murid, guru, dan wali murid. Sambutan dari perwakilan Danone Indonesia Mba Lucy dan Mba Defanie perwakilan dari Mombassador SGM Eksplor, senam air bersama, lomba mewarnai, diskusi cantik, dan makan bersama menambah keseruan acara.. 
.
.
Sebelumnya berbicara tentang pangan dan gizi merupakan sesuatu yang wajib kita ketahui ya, pemenuhan gizi masyarakat menentukan tingkat kesehatan, intelektual, dan produktivitas suatu bangsa. Ternyata kekurangan gizi sangat menganggu dan akan melahirkan generasi bermasalah & tidak mampu bersaing. Sungguh ironis ya bahkan indeks stunting sudah mencapai 37% πŸ˜₯ dengan demikian Sari Husada, Dinkes, Paud serta para orang tua berusaha untuk "melek" akan gizi. Bersama untuk itu berkomitmen menerapkan pesan gizi seimbang dalam penyajian makanan sekali makan.
.
.
Salah satu guru Paud Indraprasta menyampaikan edukasi tentang "Isi Piringku" , memperkenalkan konsep gizi seimbang bagi anak usia 4-6 tahun.



Komponen "Isi Piringku" 
Pembagian makanan yang sehat di Isi Piringku adalah sebagai berikut : 
        *1/3 Protein
        *2/3 Karbohidrat
        *1/2 Buah dan Sayur
Pemakaian gula, garam, dan lemak dalam mengolah makanan yang disajikan pada Isi Piringku harus dibatasi.
Aturannya : 
^ minum air putih sebelum, ketika atau setelah makan.
^ cuci tangan sebelum dan sesudah makan.
.
.
Nah beberapa poin inilah yang wajib kita implementasikan di kehidupan sehari-hari si kecil, menyiapkan sarapan dan bekal yang sesuai dengan pedoman isi piringku.
Anak murid Paud Indraprasta sangat antusias sekali, mereka sangat aktif dan mandiri ini juga mengasah salah satu potensi prestasi si kecil.

Isi piringku
                 Menu Makanan Isi Piringku

                    Agenda Mencuci Tangan
              Sebelum dan Sesudah Makan 


Asupan nutrisi si kecil memang harus kita perhatikan dengan baik, Lewat tangan ibu selayaknya menyiapkan Asupan nutrisi lengkap dan seimbang untuk si kecil agar daya tahan tubuh si kecil lebih baik untuk mendukung perkembangan, aktivitas, serta sosialisasi lingkungan dan teman sebayanya..
.
.
Jangan lupa sarapan dan pastikan juga bunda kebutuhan gizi si kecil berdasarkan kuantitas dengan memenuhi Angka Kecukupan Gizi (AKG) nya berdasarkan usia dan bantu lengkapi nutrisinya dengan 2 gelas susu per hari. Dan pastinya juga sesuai dengan panduan "Isi Piringku".

Ayo bunda mari kita siapkan panganan untuk si kecil sesuai dengan isi piringku ya.. kalau gak sekarang kapan lagi..πŸ˜‰

Makchy pamit, wassalamualaikum wr wb..
Sampai jumpa πŸ€—

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu KBS ?

Pernah dengar KBS?  Apa itu KBS ?  Penasaran ?  Mari kita bahas ya.. Eits tapi izinkan aku menyapa kalian terlebih dahulu..





Assalamualaikum wr wb..
Hello, makchy hadir lagi nih disini. Apakabar bunda-bunda semuanyaaaa ? Semoga dalam keadaan sehat walafiat. Aamiin ya rabbal alamin. Btw hari ini makchy mau bahas tentang KBS nih, bukan BTS ya (Kpop kali ah 😁), baiklah langsung saja.. "what about KBS ? "
Sebelumnya, KBS merupakan singkatan yaitu Klub Bunda SGM. Kalian mengetahui  Susu SGM kan, yupz Susu Generasi Maju dari PT. Sari Husada Mahardika dibawah naungan Danone Indonesia , Kini SGM mengadakan  Klub Bunda SGM (KBS).

KLUB BUNDA SGM sendiri adalah Membership layanan keanggotaan yang tersedia di dalam Situs www.generasimaju.co.id, sebagai wujud komitmen Sarihusada Generasi Mahardhika untuk mendampingi Konsumen dalam perjalanan masa kehamilan serta tumbuh kembang bayi dan balita, sehingga Konsumen dapat menjadi bagian dari generasi maju melalui berbagai benefit utama yang ditawar…

Panduan Bunda : Musim Hujan Si Nyamuk Datang. Ini dia 5 Langkah Mudah Usir Nyamuk

Panduan Bunda : Musim Hujan Si Nyamuk Datang



Assalamualaikum wr wb,  Hai balik lagi ya kan di Ruang Makchy, pakabar semuanya.. 
Musim Hujan Si Nyamuk mulai datang benar gak sih bun ? Apa yang ada di benak bunda-bunda ketika musim pancaroba datang? Ehmm pasti si Nyamuk mulai berdatangan.
Agak worry dengan si kecil yang aktifitasnya lebih banyak di luar, kondisi tubuh yang juga tak bisa diprediksikan.
Namun ketika si kecil demam, ehmm sebagai ibu pasti cemas., tapi biasanya sih aku menggunakan Termorex untuk pereda demam si kecil. Ini ampuh banget dan jadi andalan keluarga ku. Ini juga merupakan langkah awal pencegahan DBD. Harapannya ingin semua sehat ya bun.



Balik lagi ke nyamuk nih untuk mencegahi si Demam Berdarah Dengue biasanya aku selalu rutin beberes rumah juga ,  dari mulai Ruang tidur, lemari, area sekitar tanaman, bahkan ruang bermain anak seringkali tidak luput dihinggapi nyamuk kan. Namun, jangan khawatir bunda-bunda.
Berikut ini 5 langkah sederhana usir nyamuk dari rumah ala makchy…

Temen Kondangan, Move On Di Kondangan ?

Temen Kondangan, Move on Di Kondangan
Assalamualaikum..

Hello gaes, makchy mau tanya ah.. Pernah di undang ke nikahan mantan ?  Gimana tuh perasaannya ?  Makchy pernah kok hihi untung makchy nikah duluan jadinya sudah move on duluan 😁😁 
Emang jadi kikuk dan gimana gitu ya ketika "Mantan" datang lagi ke kehidupan kita tapi lewat sebuah undangan, gak datang gak menghormati , datang bingung sama "gandengan" buat nemenin ke Nikahan mantan hihihi, kalau kaya makchy sih yang notabene nikah lebih dulu dri mantan sih ya biasa aja hahaa 
Kalau kalian gimana gaes ?  Sesakit itu kah ketika ditinggal kawin mantan haha. Mau tau gak cerita lain gak sih jika cerita nyata di buat secara visual ? Penasaran ? Cekidot.
Yes, kemarin tepatnya tanggal 24 Januari 2020 hari jumat makchy bersama para blogger dari Komunitas ISB dan media berkumpul di CGV Grand Indonesia, Jakarta kami menyaksikan Gala Premiere dan juga Press Conference Film Temen Kondangan.





Temen Kondangan merupakan Film Bes…