Dukung Stimulasi Potensi Prestasi Si Kecil Anak Generasi Maju Mombassador SGM Eksplor

Dukung Stimulasi Potensi Prestasi Si Kecil Anak Generasi Maju Mombassador SGM Eksplor 


Hai selamat sore semuanya.
Assalamualaikum, 
welcome back to Ruang Makchy.

Dukung Stimulasi Potensi Prestasi Si Kecil Anak Generasi Maju Mombassador SGM Eksplor


Ayah bunda masih semangat kan dampingi si kecil dirumah. Harus selalu semangat ya.

Oya berbicara tentang stimulasi apa sih stimulasi itu ? Masih pada ingat gak nih artinya apa. Yuk mari kita simak sejenak ya.

Definisi Stimulasi 


Secara harfiah menurut wikipedia

"Rangsang atau stimulus adalah istilah yang digunakan oleh psikologi untuk menjelaskan suatu hal yang merangsang lol terjadinya respon tertentu. Rangsang merupakan informasi yang dapat diindera oleh panca indra."

Atau bisa dikaitkan bahwa Stimulasi adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk merangsang kemampuan dasar anak agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

Tapi ternyata stimulasi itu pun di kategori kan sesuai usia nya si kecil, jadi tidak bisa di samaratakan stimulasi anak umur 1 tahun dengan anak umur 6 tahun.

Lalu gimana ya stimulasi yang tepat yang sesuai dengan kategori usianya.. Let's check it out 👇

Stimulasi Berdasarkan Tahapan Usia Si Kecil


"Anak membutuhkan stimulasi yang sesuai dengan usianya untuk dapat bertumbuh dan berkembang secara optimal."

Tentunya sebagai orang tua pasti ingin buah hati nya berkembang dengan baik. Right ? Namun untuk dapat berkembang dan tumbuh dengan baik, anak-anak perlu juga mendapatkan stimulasi yang sesuai dengan usianya. 

Selain disesuaikan dengan usia anak, ternyata juga terdapat beberapa aspek perkembangan anak yang harus diperhatikan, yaitu perkembangan fisik, perkembangan kognitif atau keterampilan berpikir, perkembangan bahasa nya, dan perkembangan sosio dan emosional nya. Banyak ya bun yang harus diperhatikan juga. 

Jadi, semua stimulasi tumbuh kembang disesuaikan juga dengan apa yang ingin kita berikan. 

Yes, orang tua lah yang mengerti tentang anak nya sendiri. Bukan karena katanya atau bukan karena orang lain tapi karena kita sendiri yang mengetahui baik ataupun buruknya.

  • Tahapan Stimulasi Anak Usia 1-3 Tahun

Fase-fase yang masih dasar, makchy pun masih tahap belajar dalam menstimulasi si kecil. 

Ketika si kecil mulai memasuki usia 1-3 tahun, biasanya nih perkembangan anak akan semakin luas. Si Kecil sudah memiliki setidaknya 50 kosakata yang bisa mereka ingat. 

Bukan itu saja, si kecil juga bisa menemukan benda-benda yang disembunyikan, menaiki dan menuruni tangga, bahkan berlari menendang bola. Makchy menyebutnya fase was-was hehehe.

Nah, makchy sudah mulai membiasakan si kecil pada usia ini bisa untuk menyebutkan berbagai nama warna dari mainannya, diajarkan untuk menyikat gigi sendiri, "ini loh toilet untuk pipis dan pup", dan menggambar (kalau fathir menggambar nya suka di tembok juga nih😆)

Biasanya pada usia yang hampir menginjak 3 tahun, makchy sudah bisa mengenalkan bagaimana cara memegang pensil yang benar, berhitung, mengenal huruf dan angka, serta melakukan berbagai perintah secara mandiri.

  • Tahapan Stimulasi Anak Usia 3-6 Tahun

Nah di usia 3 hingga 6 tahun pasti nya sudah waktunya mempersiapkan ke jenjang sekolah ya. Seperti yang sedikit makchy jelaskan di atas tuh seperti berhitung dan sebagainya.

Usia adik fathir 4 tahun dan kakak lova 6 tahun, sekaligus nih kalau menstimulasi nya seperti beberapa waktu lalu kami sekeluarga mengunjungi taman tidak jauh lokasinya dari rumah.

Wall Climbing Bantu Asah Kemampuan Otot
dan Motorik si Kecil


Makchy mengenalkan mereka untuk bersosialisasi dengan teman-teman yang baru ia temui, dan di taman ini pun banyak sekali yang bisa di eksplor si kecil pun jadi bisa mengenal jenis-jenis tanaman, permainan yang mengasah kemampuan motorik nya, dan si kecil pun belajar mengenal hewan-hewan. Mencintai makhluk hidup lainnya.

Bermain panjat tali melatih
potensi prestasi kuatnya


Selain stimulasi tak boleh tertinggal adalah asupan nutrisi si kecil ini pun menjadi modal penting untuk mendukung si kecil agar Potensi Prestasi nya semakin optimal. Dan inilah cara makchy. 

Mengenalkan hewan 


Biasanya makchy pun kalau sudah kehabisan ide bisa melipir ke www.generasimaju.co.id ataupun Facebook Aku Anak SGM bunda untuk menggali informasi tentang tumbuh kembang anak. 

Gizi Seimbang Bantu Lengkapi Tumbuh Kembang Si Kecil


Makchy suka kasih makan apa aja sih buat si kecil di rumah ? Simple bun kalau makchy mah hehe.. 

Nasi, sayur dan buah serta susu gak boleh kelupaan kalau makchy. Protein yang sering sekali anak-anak makan itu dari telur dan ayam. Karena si kecil sangat menggemari nya. 

Kalau si kecil lagi gak mau makan nasi gimana ? Makchy ganti karbohidratnya dengan yang lain misal jagung, ubi, roti, bihun, mie atau bubur kacang dan lain sebagainya.

Jadi bunda gak apa-apa bun kalau si kecil "mogok makan nasi" kita kan bisa mengakali nya dengan yang lain. Gak perlu panik ya bun 😉

Ayo ayah dan bunda semangat ya untuk dukung Potensi Prestasi si kecil agar ia jadi Anak Generasi Maju

Makchy pamit, wassalamualaikum wr wb.

#SGMEksplor #BersatudanKuat #GenerasiMaju #MombassadorSGMEksplor #PotensiPrestasi 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Isi Piringku : Makan Enak, Makan Asik Makan Sehat 😊

Panduan Bunda : Musim Hujan Si Nyamuk Datang. Ini dia 5 Langkah Mudah Usir Nyamuk

SGM Eksplor Luncurkan Gerakan #AyoTunjukTangan untuk Indonesia Maju