APLI TALKSHOW DAY 3 : Masih Maraknya Investasi Ilegal Dalam Industri Direct Selling

 APLI TALKSHOW DAY 3



Assalamualaikum wr wb.

Jakarta, 9 Desember 2020
Hari rabu yang syahdu, Pilkada serentak di laksanakan.

APLI Talk Show hari ketiga tetap di adakan setelah selesai pemungutan suara. Sebelum memasuki area kami di cek suhu tubuh terlebih dahulu seperti biasa, alhamdulillah masih dengan suhu yang normal walaupun hampir 3 hari ini kurang tidur eh jadi curhat hehehe..

Makan siang dengan menu Indonesian Food yang endess banget, Pukul 13.00 APLI TALK SHOW dimulai. So, very excited.

Masi dengan para teman-teman Blogger IWITA  kami berkumpul di Aula Nu Skin.

Yes, hari ketiga APLI Talk Show mengangkat Tema "Maraknya Investasi Ilegal Dalam Industri Direct Selling" 
Masih dengan moderator yang sama Ibu Ina Rachman (Sekjen APLI) dengan Narasumber yang ahli di bidangnya yakni antara lain sebagai berikut : 

  1. Bpk. U. Mulyaharja, SH., MH., SE., MKn., CLA. (Head Legal Consultant APLI) 
  2. AKBP Juliarman EP. Pasaribu, S.Sos., SIK. (NCB Interpol Indonesia Divhubinter POLRI)
  3. Bpk. Roys Tanani (Dewan Komisioner APLI)


Nah, APLI Talk Show Pun live at Zoom dan juga YouTube streaming APLI INDONESIA , so bagi yang ketinggalan bisa ceki-ceki youtube channel APLI dan Youtube channel aku juga 😉👇



Dibuka oleh Ketua Umum APLI Bapak Djoko Komara, APLI Talk Show day 3. Ready..

Investasi Ilegal Dalam Industri Direct Selling


Tidak bisa di pungkiri dalam sektor bisnis khususnya direct selling tentunya masih ada banyak oknum yang nakal alias gak mengikuti prosedur yang telah di tetapkan.

Lagi-lagi masyarakat juga masih minim pengetahuan, dan secara tidak langsung pun investasi illegal itu memiliki kinerja marketing yang terstruktur dengan sistematis dan kita pun jadi susah untuk berpikir logis.

Undang-Undang


Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI) menyebutkan, industri penjualan langsung (direct selling) dan industri sistem berjenjang atau Multi Level Marketing (MLM) "tercoreng" akibat adanya praktik investasi bodong atau ilegal dan skema piramida dalam mendistribusikan barang.

Industri direct selling dan MLM sejatinya menjadi solusi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan peningkatan kualitas SDM.

Source : Youtube APLI INDONESIA


Menurut Bapak. Uus Mulyaharja, SH., MH., SE., MKn., CLA. Selaku Head Legal Consultant APLI, sistem penjualan direct selling harus berdasarkan merek dagang yang terdaftar.

Ibu Ina menyampaikan Contoh kasus yaitu wondermind kasus pertama yang menggunakan Undang-Undang No. 7 tahun 2014 dan itu sukses tidak hanya mempenjarakan si owner tapi juga leader-leadernya yang terkait di lanjutkan oleh Bapak AKBP Juliarman mengatakan bahwa "wondermind adalah kasus kami yang berharga yang kami lakukan pengungkapannya ,lalu kami berdiskusi dengan bapak Djoko Kumara Ketua Umum APLI akhirnya kami bisa mengungkap ke akar-akarnya."

Memang ya Investasi Bodong ini sangat meresahkan. Perlu adanya upaya meminimalisir ataupun memberantas maraknya investasi ilegal ini.

Cara Efektif Dalam Menghindari Investasi Bodong.


Begini Gaes tips praktis yang bisa kita coba agar kita tidak tertipu investasi abal-abal. Makchy telah merangkum nya sebagai berikut : 

  • Lakukan Pemeriksaan Perizinan Lembaga Atau Perusahaan Investasi 
Kroscek seperti cek secara online. Pastikan nih apakah lembaga yang menjual atau menawarkan produk investasi telah memperoleh izin usaha yang sesuai dengan bidang usahanya.

Waspadalah jika perusahaan tak memiliki sertifikasi yang lengkap.

  • Telitilah Bentuk & Cara Marketing Produk Investasi

Umumnya nih gaes di dalam berbagai produk investasi yang resmi itu semuanya jelas mulai dari mekanisme cara kerja, pembagian keuntungan, dan hal-hal lainnya. Sudah ada aturan yang jelas dan ada izin dari pihak-pihak yang melegalkan bisnis tersebut.

Maka kita harus lebih teliti agar tidak terjerumus ke Investasi Ilegal.

Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang produk investasi tersebut. bagaimana perusahaan atau lembaga itu menanamkan investasi para nasabahnya, mekanisme apa yang digunakan perusahaan atau lembaga tersebut untuk menghasilkan keuntungan seperti yang dijanjikan.

  • Waspada Jika Mendapat Tawaran Keuntungan yang Besar dan Menarik

"Jangan tergiur keuntungan tinggi karena ada risiko"

Ya memang tidak semua tawaran investasi yang menjanjikan keuntungan yang menarik bisa dikategorikan investasi bodong ya gaes. Namun alangkah baiknya kita waspada nih jika sewaktu-waktu mendapat tawaran yang demikian.

Mulai kenali karakteristik utama penipuan investasi tersebut, pastikan kendalikan diri kita sendiri dulu nih. Lakukan penghitungan secara sederhana untuk memperkirakan apakah tawaran tersebut masuk akal atau tidak.

Jika dirasa tawaran investasi itu dengan embel-embel modal yang jumlahnya tidak terlalu besar tapi dijanjikan keuntungan yang sangat besar dalam jangka waktu singkat. Kita wajib curiga gaes.

Nah demikian lah yang bisa makchy utarakan sedikit tentang yang makchy ketahui saat APLI Talk Show 3 hari berturut-turut bener-bener membuat makchy melek dengan informasi yang ada. 



Alhamdulillah ya, It's wrap. Selesai juga rangkaian acara dari APLI Talk Show sampai jumpa di Event selanjutnya. Jaga kesehatan ya kawan-kawan. 



Makchy pamit. 
Wassalamualaikum wr wb..


#apliindonesia
#asosiasipenjualanlangsungindonesia
#wfdsamember
#apliconvention
#aplitalkshow
#directselling
#multilevelmarketing
#penjualanlangsung

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Panduan Bunda : Musim Hujan Si Nyamuk Datang. Ini dia 5 Langkah Mudah Usir Nyamuk

Temen Kondangan, Move On Di Kondangan ?

Isi Piringku : Makan Enak, Makan Asik Makan Sehat 😊