Kenali Bisnis Money Game Yang Semakin Marak

 APLI Talk Show Day 1 Mengulik Obrolan Berfaedah dari Ahlinya


Jakarta, 7 Desember 2020

Assalamualaikum wr wb,
Hai Gaes, pada tanggal 7 desember kemarin makchy dan teman-teman blogger lainnya dari Blogger IWITA berkesempatan mengikuti acara APLI TALK SHOW.

Pada hari senin kemarin APLI TALKS HOW menyuguhkan tema-tema yang luar biasa sekali dan di bagi 2 sesi.

Kegiatan APLI TALK SHOW ini pun di selenggarakan oleh Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI) dan juga IWITA JKT selama 3 hari berturut dari tanggal 7 Desember hingga 9 Desember. 

So, makchy bakalan banyak berkisah selama 3 harian ini ya 😉 (harap maklum 😁) 

Nah, acara APLI TALK SHOW ini pun gratis dibuka untuk umum dan kalian bisa liat di Live Zoom Atau Youtube Channel APLI.

Apa itu APLI ? 


Sebelum makchy panjang lebar kurang afdol kayanya tidak berkisah tentang APLI, pasti daritadi makchy sebut-sebut APLI kalian jadi pada penasaran nih. 

Gak perlu berlama-lama lagi nih, yuk makchy jelasin tentang APLI.

APLI, merupakan singkatan dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, adalah suatu organisasi yang merupakan wadah persatuan dan kesatuan tempat berhimpun para perusahaan penjualan langsung (Direct Selling/DS), termasuk perusahaan yang menjalankan penjualan dengan system berjenjang (Multi Level Marketing/MLM) di Indonesia. 

Dalam Bahasa Inggris, APLI diterjemahkan menjadi IDSA, singkatan dari Indonesian Direct Selling Association. APLI telah menjadi Anggota Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN INDONESIA), dengan nomor anggota 20203.18688-6/04-09-1995 dan diakui oleh Pemerintah/Departemen Perdagangan. APLI, juga merupakan bagian dan satu-satunya Asosiasi Penjualan langsung di Indonesia yang telah diakui oleh Federasi Penjualan Langsung Internasional (World Federation of Direct Selling Assosiation/WFDSA).

Disetiap Negara WFDSA hanya menerima satu asosiasi DS/MLM sebagai anggota yaitu Asosiasi yang mendaftar pertama dan anggota-anggotanya memenuhi persyaratan kode etik yang ditentukan oleh WFDSA Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), merupakan organisasi independent, yang tidak berafiliasi dengan salah satu kegiatan politik praktis, selain kegiatan professional dalam bidang mewujudkan Penjualan Langsung (Direct Selling), termasuk penjualan dengan system berjenjang (MLM) yang murni dan benar.

Berdirinya Asosiasi di Indonesia ini dicetuskan pertama kali oleh Bapak Eddy Budhiman dengan nama IDSA (Indonesian Direct Selling Association), dan disyahkan pendiriannya di kantor Notaris pada tanggal 24 Juli 1984 dengan nama APLI kepanjangannya Asosiasi Penjual Langsung Indonesia. 
(Dikutip dari www.apli.or.id)

Peran Serta Industri Direct Selling Dalam Perekonomian Di Tengah Pandemi 


Peran Serta Industri Direct Selling Dalam Perekonomian Di Tengah Pandemi merupakan Tema Sesi 1 di APLI Talk Show .

Siapa saja sih pembicara nya ? 
Pada sesi 1 ini narasumber yang luar biasa ada di dampingi juga oleh moderator Ibu Ina Rachman.


Penjualan langsung merupakan salah satu sektor usaha yang dapat menjaga roda perekonomian di Indonesia agar berputar terus meski di tengah masa pandemi seperti ini. 

Keunikan dan kekuatan dari sektor usaha yang biasanya dikenal dengan bisnis Multi Level Marketing (MLM) ini terletak pada sistem bisnisnya yang mengandalkan jaringan pemasaran para mitra usahanya.

Nah, kalian juga bisa tengok suasana APLI Talk Show Day 1 di youtube channel aku ya 👇



Nah, lanjut ke Sesi 2 dengan Tema yang kalah menarik.

Upaya Pemerintah Dalam Mengatasi Maraknya Money Game Yang Semakin Canggih

Moderator dan salah satu Narasumber


Siapa yang tak tergiur dengan investasi yang memberikan keuntungan besar? Hayo ngaku 😁 Sepertinya semua setuju ya bahwa orang akan tertarik dengan keuntungan berlipat ganda dari modal yang dikeluarkan. Karena merasa untungnya besar.. 

Namun nih lagi-lagi, sebagai investor cerdas, sudah seharusnya cermat dalam menilai setiap bentuk investasi yang ditawarkan. Tergiur dengan untung yang dijanjikan sah-sah saja sih gaes, akan tapi jangan sampai terlena macam lagunya ikke nurjanah.

Nah, tentunya istilah investasi bodong ini mungki tak asing lagi di telinga kita ya. Pun demikian, tetap saja orang yang tergiur dan terjebak pada lingkaran setan dari penipuan berkedok investasi ini kerap terjadi.



Semua itu tidak lebih dari sekedar tipu-tipu alias permainan uang (money game). Kalaupun ada produk/jasa yang benar-benar ditawarkan, namun skemanya memgiming-imingkan keuntungan besar maka niat awal dari bisnis ini pun sejatinya memang sudah salah dan berniat menipu. Karena pada akhirnya model bisnis ini tidak akan bertahan lama.

Pastinya masih banyak lagi bentuk-bentuk penawaran jasa dan investasi lain yang sejatinya tidak jauh berbeda dari upaya tipu-tipu ini. Seperti halnya money game, biasanya menjanjikan keuntungan sangat besar bagi mereka yang menginvestasikan jumlah uang dan merekrut anggota lainnya.

Lalu seperti apa saja sih upaya yang dilakukan untuk memberantas money game?, dilihat dari sudut pandang beberapa pihak dan tentunya dari kacamata Pemerintahan.

1. Mengeluarkan Regulasi Yang Tegas

Ketertarikan investasi untuk usaha langsung atau multilevel marketing (MLM) membuat pemerintah tentunya lebih berhati-hati dalam mengeluarkan surat izin usaha penjualan langsung. 

Hal ini disebut sebagai langkah mengantisipasi adanya pelaku usaha yang melakukan money game.

2. Penegakan Hukum

Semua aspek bidang tak terkecuali Pemerintah bersama-sama menegakkan hukum yang tepat dalam memberantas money game tersebut.



Upaya lain adalah mendesak agar pemerintah secepatnya mengeluarkan. Peraturan Pelaksanaan (PP) dari UU No. 7 tahun 2014.



Tips Mengetahui Money Game yang Merajalela


1. Kenali hal-hal yang tidak sesuai dengan hukum

money game ini masih berkembang pesat marak sekali karena masih saja orang-orang bersedia mengambil risiko dengan harapan mendapatkan ‘uang cepat dalam jumlah besar.’ Maka money game ini menjadi cara agar bisa cepat kaya. 

2. Menjadi Investor Yang Cerdas

Seperti biasa, ketika kita sedang menyelidiki peluang bisnis potensial, tentunya kita ingin mengumpulkan semua informasi tentang produk dan operasi perusahaan tersebut khususnya apakah model bisnis MLM atau hanya money game.

  • Dapatkan dan baca serta pelajari dengan teliti salinan tertulis dari skema penjualan perusahaan, rencana bisnis dan/atau rencana pemasaran.
  • Coba bicarakan atau sharing dengan orang lain yang memiliki pengalaman mengenai perusahaan pemasaran bertingkat dan produk seperti itu, untuk menentukan apakah produk tersebut benar-benar dijual serta harga yang wajar.
  • Periksa dengan detail serta teliti untuk mengetahui apakah ada keluhan tentang perusahaan. Melihat banyaknya testimoni.

3. Bergabung di Asosiasi 

MLM ada wadah perkumpulan bagi perusahaan yang tergabung di dalamnya yaitu Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI) dan juga World Federation of Direct Selling Associations (WFDSA). 

Lain halnya dengan money game. Mereka di lepas begitu saja dengan prinsip disuruh merekrut anggota sebanyak-banyaknya dengan tawaran keuntungan besar. Salah satu ciri lain adalah uang pendaftaran yang besar dan juga bonus besar.

Alhamdulillah, Acara APLI Talk Show sangat bermanfaat. Dan APLI pun selalu berupaya untuk memberantas money game.

Foto bersama para blogger 


Nah segini aja kisah nya makchy pada senin lalu, jangan bosan ya karena nanti makchy akan share keseruan acara APLI Talk Show day 2 dan juga day 3 nya. Ditunggu ya..

Makchy pamit, wassalamualaikum.

#apliindonesia
#asosiasipenjualanlangsungindonesia
#wfdsamember
#apliconvention
#aplitalkshow
#directselling
#multilevelmarketing
#penjualanlangsung

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Isi Piringku : Makan Enak, Makan Asik Makan Sehat 😊

Panduan Bunda : Musim Hujan Si Nyamuk Datang. Ini dia 5 Langkah Mudah Usir Nyamuk

SGM Eksplor Luncurkan Gerakan #AyoTunjukTangan untuk Indonesia Maju