Peluang Bisnis Dari si Bayi Ijo Zero Waste Living..

 Peluang Bisnis Dari si Bayi Ijo
Zero Waste Living..


Sebentar..
Jangan diskip ya..
Cekrek...📷

Hai semuanya, pasti pada penasaran sih makchy lagi ngapain. Nih makchy habis pemotretan 😁 yes, pemotretan bersama yang ijo-ijo salah satunya ini  👇



By the way , ngomongin tentang kegiatan makchy jadi kepo deh dengan kegiatan kalian nih. Ada yang sama kaya makchy gak sih ? Suka foto-foto dengan daun , bunga dan pohon (agak aneh sih ya hihihi suka selfie sama bayi ijo hehe) 

Seperti yang kita tahu ya teman-teman, selama pandemi pasti banyak hal yang bisa kalian lakukan lebih ya, kegiatannya semakin beragam.

Nah tak bisa di pungkiri juga selama pandemi mempengaruhi beberapa sektor ya kan, tak sedikit pula yang kehilangan pekerjaan, tapi banyak pula yang akhirnya bisa menemukan dan menciptakan peluang.

Tapi pernah terbesit gak sih kalau peluang kita bisa ciptakan dari sekitar, seperti peluang Green Jobs.

Mengenal apa itu Green Jobs ?

Sebelum makchy panjang kali lebar dan kali tinggi, mari kita bahas terlebih dahulu ya gaes..

"Ok, sudah siap untuk disimak ya" #katamakchy

Green jobs merupakan jenis pekerjaan yang layak dan ramah lingkungan. 

Menurut International Labour Organization (ILO), Green Jobs menjadi lambang dari perekonomian dan masyarakat yang lebih berkelanjutan dan mampu melestarikan lingkungan, baik untuk generasi sekarang maupun untuk generasi yang akan datang. Jenis pekerjaan ini berkontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan.
(Sumber : coaction.id)

Green Jobs juga merupakan bisnis yang paling menjanjikan pada abad ke-21 loh dan menjadi Green Jobs merupakan langkah bisnis yang cerdas dan baik untuk lingkungan.

Dengan Green Jobs ini merupakan titik balik bagaimana agar peluang yang kita dapatkan atau ciptakan, tidak hanya menyediakan pekerjaan dengan penghasilan yang memadai akan tetapi juga membawa dampak sosial dan untuk alam yang lebih baik serta menciptakan lapangan pekerjaan untuk masa depan. Pekerjaan yang good untuk memulihkan lingkungan.

Peluang Bisnis Dari Bayi-Bayi Hijau


Menjadi Penjual Tanaman Hias 

Budidaya tanaman bikin bisa jadi jutawan loh ? Kok bisa ?

Kalian pasti penasaran  , yupz ini bukan isapan jempol semata loh. Peluang bisnis budidaya tanaman atau yang biasa makchy sebut bayi-bayi ijo , kini semakin terbuka lebar seiring dengan semakin populernya konsep urban farming di antara masyarakat perkotaan.

Kegiatan bercocok tanam yang awalnya makchy lakukan untuk mengisi waktu luang di tengah situasi pandemi, ternyata bisa jadi peluang bisnis yang menjanjikan. 

Tanpa perlu lahan yang luas, budidaya bayi hijau ini bisa dilakukan di lahan yang terbatas, seperti pekarangan, balkon, hingga atap rumah. 

Menjadi Model Tanaman Hias 

"Chy , mau jadi model gw gak ? Model sambil pegang tanaman gw" begitulah kiranya seloroh teman makchy sebut saja dia mawar. 

Beberapa bulan lalu adalah penawaran dari seorang sahabat yang makchy langsung setujui. Model Tanaman Hias? Siapa takut hehe ini sangat menyenangkan sekali, ditambah makchy pun menjadi lebih dekat dengan alam. 

Hal ini masih makchy jalankan hingga sekarang. Satu demi satu pohon 'upah' menjadi model ada dirumah makchy hingga akhirnya puluhan pot tanaman bertengger disana, sampai akhirnya memberanikan diri untuk menjadikan "hobi sebagai lahan bisnis yang mumpuni".



Dari receh hingga puluhan nominal , alhamdulillah ya sesuatu.. 😉 bermulai dari nol akan tumbuh menjadi besar.

Ternyata dari berkebun banyak beragam manfaat yang juga bisa di raih. Bisnis dengan tanaman ini juga merupakan salah satu interaksi manusia dan alam. 
Simbol mutualisme yang luar biasa kan.



Menjadi Penyedia Alat Berkebun

Tidak memiliki ketertarikan terhadap menanam? bagaimana jika menyediakan alat-alatnya saja? Bisa banget loh gaes. 

Dengan ini pun kita menciptakan peluang bisnis sekaligus peluang kerjanya anak muda walaupun makchy udah gak muda lagi tetap berjiwa muda hehe kebutuhan dan permintaan alat-alat pertanian atau berkebun juga semakin meningkat.

Bisnis yang menyiapkan berbagai perangkat yang dibutuhkan seperti pot, pupuk, benih, tanaman, polybag dan lain sebagainya bisa menjadi sebuah pilihan. 

Kalau bukan sekarang, kapan lagi? Kalau bukan kita siapa lagi ? Tetap semangat berjuang menciptakan peluang untuk Indonesia lebih Bersih. 

Zero Waste Living Because Everything Starts At Home


Dalam menjalankan bisnis urban farming semua dimulai dari rumah, sistem Zero Waste pun makchy terapkan. 

Menggunakan pot plastik yang bisa dipakai berkali-kali, pot dari bekas kaleng susu, kaleng biscuit, plastik minuman kemasan dan juga bekas wadah yang sudah tidak terpakai. 

Untuk pengiriman tanamannya pun menggunakan paper bag dan kardus untuk memininalisir sampah yang ada.

Dari hal-hal kecil tersebut, akan membuat hidup kita lebih sehat serta membantu mengurangi potensi pencemaran lingkungan.

Zero Waste Lifestyle membuat lebih peduli dengan lingkungan, akan membuat kita lebih aware pada lingkungan. 

Karena zero waste lifestyle mendorong untuk meng-evaluasi gaya hidup dan melihat bagaimana sesuatu yang kita gunakan atau kita konsumsi bisa berdampak positif terhadap lingkungan dan juga membuat lebih peduli dengan diri kita.

Urban farming and Zero waste living karena semua bermulai dari rumah 😉

Upaya Untuk Dukung Indonesia Hijau

Green Jobs yang kita rancang dan ciptakan diyakini dapat menyokong pertumbuhan berkelanjutan dan juga membangun lebih banyak lapangan pekerjaan, serta menjaga kelestarian alam di saat yang bersamaan. 

Planet, Profit & People merupakan tiga hal penting dalam komponen mengembangkan sistem ekonomi hijau yang ramah lingkungan. 

Peluang yang makchy ciptakan dengan menerapkan zero waste living merupakan upaya untuk dukung Indonesia Hijau dan Bersih.

Mari berkontribusi bersama-sama jadikan hal ini luar biasa , kolaborasi anak bangsa tuk ciptakan aksi nyata, peluang bernyawa untuk nusa dan negara.

Sebelum pamit makchy mau pantun dulu boleh ya 😁

"Jalan-jalan pantai..
Jangan lupa beli es kelapa muda..
Hai para generasi..
Yuk kobarkan energi muda.."
(Maaf ya kl sedikit maksa hihihi)

Makchy pamit, ku titipkan salam kepada alam semesta 💜

#KolaborAksi
#EnergiMuda

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Panduan Bunda : Musim Hujan Si Nyamuk Datang. Ini dia 5 Langkah Mudah Usir Nyamuk

Temen Kondangan, Move On Di Kondangan ?

Penuh Cinta Dengan Sophie Launching Katalog Februari